Senin, 30 Januari 2012

Sejarah Flora Indo Malayan

 
 
 
 
Sejarah flora Indo Malayan berawal dari pemikiran seorang zoologist berkebangsaan Inggris, Alfred Wallace. Afred Wallace ini melihat adanya keterkaitan antara tipe-tipe hewan dengan suatu wilayah. Pendekatan yang dilakukan Alfred Wallace ini dikenal dengan pendekatan biogeografi. Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan flora di Indonesia dibagi menjadi 2 kelompok. Yaitu kelompok Indo Malayan dan kelompok Indo Australian. Kedua kelompok flora tersebut dibatasi oleh garis Wallace dan garis Lydekker.
 
 
Flora Indo Malayan meliputi tanaman yang berada di wilayah Indonesia Barat dimana wilayah ini meliputi Jawa, kalimantan, Sumatera, dan Bali. Flora Indo Malayan didominasi oleh jenis meranti-merantian, terdapat ebebrapa jenis rotan, serta memiliki berbagai jenis pohon nangka. Penyebaran flora di Indoensia sangat dipengaruhi oleh keanekaragaman hayati serta posisi geografis Indoensia yang sangat menguntungkan. 
 
 
Flora Indo Malayan yang merupakan hasil dari pendekatan biogeografi ini sangat dipengaruhi oleh posisi Indonesia yang berada di wiayah Malesiana. Kawasan malesian ini terdiri dari Indonesia, Philipina, Semenanjung Malaya dan Papua Nugini. Kawasan ini dibatasi oleh 3 simpul demarkasi yang masing-masing terletak di selat Torres di bagian selatan, Jazirah Kra (Thailand) di bagian barat, dan di ujung utara pulau Luzon (Philipina).
 
 
Negara kepulauan seperti Indonesia sangat rentan terhadap kerusakan habitat. Hal ini disebabkan oleh pola penyebaran flora yang terbatas serta populasinya relatif lebih kecil. Walaupun demikian, Flora Indo Malayan yang oleh beberapa ahli disebut flora kepulauan Wallace ini sebagian besar terdiri dari flora asli Indonesia. Sehingga sudah sepatutnya kita ikut melestarikannya. Apalagi secara teori flora Indo Malayan ini merupaka pembentuk mayoritas terbesar dari malviflora yang ada di dunia ini, terutama di wilayah Asia Tenggara
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Disampaikan Oleh : Setiawan Dimas Owner - Arimurti untuk Indonesia

Artikel Sejarah Flora Indo Malayan ini diposting oleh Setiawan Dimas pada hari Senin, 30 Januari 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.