Makanan yang Baik di makan pada Waktu Sakit

Kala  pancaroba, perubahan udara dan temperatur bisa berpengaruh pada tubuh karena tubuh kita otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas berkurang sehingga bisa menyebabkan sakit, dan kebetulan juga hari ini saya baru sembuh dari sakit, heheheh :D. 
Musim pancaroba berkaitan erat dengan beberapa gangguan kesehatan seperti flu, batuk, pilek, demam, gangguan saluran napas, masuk angin, influenza, gangguan pencernaan seperti diare, dan tifus abdominalis.
Lalu apa pertahanan terbaik Anda? Cobalah untuk jaga diri dari masuk angin dengan sering mencuci tangan Anda, cukup istirahat, minum banyak cairan, dan tetap aktif. Tetapi ketika sudah terserang penyakit, Anda butuh bantuan. Termasuk dengan makanan terutama yang kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino yang dapat membantu meredakan pilek. Berikut beberapa camilan yang bisa Anda makan saat sakit:
1. Jeruk

Di antara semua kontroversi seputar efek vitamin C terhadap influenza, penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi durasi dan tingkat keparahan pilek. Jeruk merupakan sumber vitamin C, jadi tak ada salahnya mengemil buah ini saat sakit. Setidaknya, kunyah 2 jeruk setiap hari saat sakit.
2. Sup ayam

Percaya atau tidak, resep tradisional ini ternyata memang efektif. Sup ayam adalah camilan sempurna bila Anda sedang sakit. Tidak hanya kaldu hangatnya yang menenangkan, tapi penelitian di Nebraska Medical Center di Omaha menunjukkan bahwa sup ayam membantu mengontrol produksi dan penyebaran peradangan dan melancarkan neutrofil (sel darah putih sel). Makanlah 1 mangkuk kecil sup ayam setiap hari saat sakit. Kalori satu mangkuk kecil sup ayam sebesar sekitar 190.
3. Tuna

Dikemas dengan glutamine dan asam amino yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tuna adalah kudapan yang bermanfaat saat kita sedang sakit. Penelitian di Universitas Oxford menunjukkan bahwa atlet yang menelan glutamin setelah latihan berisiko lebih rendah mengalami infeksi saluran pernapasan atas jika dibandingkan mereka yang tidak. Kunyah saja tuna dengan roti dengan kalori sebesar 290
4. Teh jahe

Jahe membantu meringankan sesak dan memiliki rasa pedas yang menenangkan. Untuk membuat tenggorokan hangat dan melancarkan pernapasan, cincang jahe mentah dan masak dalam air mendidih selama sekitar 10 menit. Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam minuman dan makan dengan dua kue jahe renyah.

Ditulis Oleh : Setiawan Dimas ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Makanan yang Baik di makan pada Waktu Sakit yang ditulis oleh Arimurti Untuk Indonesia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Arimurti Untuk Indonesia

Back to top